Koleksi Jaket

Suka ngoleksi barang? Misalnya Action Figure, buku komik atau mungkin tas? Setiap orang setidaknya harus punya hobi mengoleksi sesuatu. Asal jangan hobi ngoleksi mantan aja ya. Haha…

Kalau gue suka sekali ngoleksi jaket, sweater dan rompi. Pakaian ini jadi favorit gue karena simpel tapi tetap bisa tampil keren. Memakai jaket memang asyik tapi bagaimana menyimpannya setelah digunakan? Ya, itu jadi masalah buat gue sekarang. Jaket yang gue punya lumayan banyak. Biasanya setelah dicuci dan disetrika (ada beberapa jenis jaket yang tidak perlu disetrika) lalu gue bungkusin pake plastik dan gue masukin ke dalam lemari. Secara umum tipe lemari yang standar adalah salah satu bagian kiri atau kanannya berupa rak-rak bersusun (biasanya ada tiga) dan bagian yang lainnya kosong. Satu sisi digunakan untuk pakaian yang sudah disetrika dan dilipat rapi. Sementara sisi lainnya digunakan untuk baju yang digantung.

Nah, jaketnya gue simpan di sisi yang kosong tanpa rak. Gue susun jaketnya satu persatu tetapi karena ukuran, tipe, dan bahannya yang berbeda-beda membuatnya tidak terlihat rapi. Lebih parahnya lagi jaket-jaket itu sering terjatuh (saat gue buka) dari lemari karena tidak seimbang.

Apa yang harus gue lakukan agar gue bisa menyimpan jaket-jaket kesayangan gue secara aman, bersih, rapi dan nyaman? Yang terlintas di benak gue adalah browsing di internet. Yuk, cari tahu!

drizzler-jacket

Berikut ini adalah beberapa tips merawat dan menyimpan jaket dari berbagai sumber di internet :

  1. Lebih baik kamu menyimpan jaket tebal dalam keadaan bersih daripada dalam kondisi kotor. Pastikan seluruh lipatan kainnya telah kering dengan sempurna. Noda yang tertinggal bisa menyebabkan bercak kuning di kain yang tidak sedap dipandang.
  2. Jika kamu mencuci jaket dengan bantuan dry-cleaning, lepaskan plastik dari jaket karena plastiknya dapat menyimpan kelembaban di dalam lemari sehingga akan mengundang noda jamur.
  3. Lapisi jaket yang dilipat dengan kertas tisu bebas asam, Kamu bisa membelinya secara online atau di toko alat tulis. Kemudian simpan dalam tas plastik besar dan kedapkan udaranya.
  4. Simpan plastik-plastik yang sudah berisi jaket atau sweater tebal di lemari yang sejuk dan kering. Beri penyerap air agar kelembaban lemari terjaga.
  5. Untuk jaket/sweater yang berbahan rajut, sebaiknya tidak menggantung pada hanger, karena akan membuatnya menjadi melar dan tidak bagus bentuknya. Sebaiknya dilipat dan diletakkan di dalam lemari.
  6. Gunakan kamper (kapur barus) agar sweater yang berbahan wol tidak dimakan ngengat.
  7. Gunakan sikat untuk menghilangkan bulu halus pada sweater agar terlihat licin kembali, tapi jangan disikat terlalu keras supaya tidak merusak bahan/kain.
  8. Jika ada bagian sweater yang longgar atau sobek, sebaiknya segera dijahit, karena akan beresiko terurai apabila digunakan terus. Apalagi yang berbahan wol.
  9. Jaket atau sweater berbahan wol sebaiknya jangan terlalu sering dicuci. JIka ingin mencuci, cucilah dengan tangan dan jangan dengan mesin cuci. Kemudian jemur dengan menaruhnya di atas handuk, hindari menggunakan hanger.

 

