Menulis Adalah

Menulis adalah tentang bicara jujur terhadap diri sendiri yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Menulis adalah ramuan kata-kata yang berada di dalam wadah otak. Adonannya berupa ilmu, pengalaman dan harapan. Saat kamu menulis maka kamu akan masuk ke dalam duniamu sendiri. Entah itu dunia fiksi atau non-fiksi.

Ada perbedaan antara menulis fiksi dan non fiksi. Ketika kamu menulis cerita fiksi atau khayalan maka kamu bebas menuliskan apa pun yang kamu mau. Kamu tidak punya batasan selain imajinasimu sendiri. Hal-hal yang tidak mungkin ada di dunia nyata dapat kamu wujudkan dalam dunia fiksi. Kamu akan merasa seperti Tuhan yang dapat melakukan apa saja.

Writing

Lain halnya dengan menulis cerita non-fiksi alias cerita asli yang berdasarkan fakta dan kejadian. Kamu harus berusaha keras mengumpulkan semua data penunjang dan pendukung ceritamu secara detil, lengkap, utuh dan dapat dipertanggungjawabkan. Terkadang kamu akan menemui atau bahkan menyadari bahwa kamu hanyalah seorang manusia yang tidak bisa lepas dari takdir yang telah ditulis oleh Tuhan. Kamu akan tahu bahwa Tuhan-lah yang Maha Kuasa Atas Segala Sesuatu.

Terlepas dari menulis cerita fiksi atau non-fiksi, kamu harus tahu satu hal. Apakah tulisan yang akan kamu buat itu nantinya akan bermanfaat untuk orang lain atau tidak? Jika ya maka teruskanlah. Namun jika kebalikannya maka berhentilah karena sebuah tulisan yang tidak bermanfaat itu tidak layak untuk diedarkan di masyarakat.

Aku masih belajar tentang berbagai macam ilmu kepenulisan. Dengan segala kemampuan yang aku miliki, aku berharap aku bisa menjadi seorang penulis profesional yang tulisannya dapat dibaca oleh milyaran orang. Buku yang aku tulis tersebut memiliki manfaat yang luar biasa yang dapat mengubah kehidupan seseorang. Memang terlihat seolah-olah mimpi yang besar dan muluk-muluk. Tapi jika kamu bermimpi maka bermimpilah yang besar. Semua orang sukses yang terkenal itu bermula dari mewujudkan mimpi-mimpi mereka sehebat mungkin. Mereka berusaha keras untuk menggapainya. Begitu juga denganku. Untuk mencapai cita-cita, aku harus terus berusaha.

Salah satu cara agar aku tetap menjaga mimpi itu adalah dengan terus-menerus menulis setiap hari. Aku harus latihan. Hal ini diperlukan agar aku mampu mengasah keterampilanku dalam menulis. Sedikit demi sedikit namun tetap ada kemajuan. Itu yang terpenting. Aku tahu rintangan akan datang menyapaku bahkan pada kondisi yang sama sekali tidak aku duga. Tapi di sisi lain, aku yakin bahwa selama aku bergerak maju walau pun lamban, perubahan yang aku impikan akan benar-benar jadi kenyataan.

Tips sederhana untuk bisa jadi penulis handal adalah tetap menulis. Jika kamu punya mimpi yang sama sepertiku, yuk! mari kita sama-sama mewujudkannya. Jangan putus asa dan merasa tidak bisa. Kamu pasti bisa! Bismillahirrohmanirrohim…

Advertisements