Pendidikan Itu Penting

Lawakan tunggal atau komedi tunggal (bahasa Inggris: Stand-up comedy, harfiah “komedi berdiri”), adalah salah satu genre profesi melawak yang pelawaknya (kadang disebut komika, bahasa Inggris: comic) membawakan lawakannya di atas panggung seorang diri, biasanya di depan pemirsa langsung, dengan cara bermonolog mengenai sesuatu topik. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut pelawak tunggal (bahasa Inggris: stand-up comedian), komik, atau komik berdiri (komik tunggal). Lawakan mereka biasanya direkam dan kemudian dijual menjadi melalui DVD, internet, atau televisi.

Komedi tunggal biasanya dilakukan oleh satu orang (ada juga yang berbentuk grup), membawakan materi yang original atau dibuat sendiri (ada juga yang membawakan lawakan umum), dan biasanya dilakukan di kafe – kafe. Orang yang melakukannya dinamakan Stand Up Comedian, Stand Up Comic, atau hanya disebut Comic. Biasanya para Comic membawakan materi mereka dengan gaya monolog, walaupun ada beberapa jurus yang mengharuskan mereka berinteraksi dengan penonton.

Setelah aku subscribe channel YouTube Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) Kompas TV, aku jadi sering menonton aksi-aksi para komika dalam melontarkan pendapatnya tentang sesuatu dan di dalamnya diselipkan unsur-unsur komedi. Materi stand up bisa bermacam-macam tetapi pada dasarnya semua ide tersebut lahir dari keresahan si komika terhadap sesuatu.

Pada SUCI 6 Show 10, para komika diberikan materi seputar dunia pendidikan. Video selengkapnya dapat kamu tonton langsung di YouTube.

stand up comedy

Berikut ini adalah kalimat pembuka para komika yang membuat aku tertawa. 😀

PENDIDIKAN ITU PENTING KARENA….

Gamael : Pendidikan itu penting karena kita harus tahu bahwa lambang sila kelima Pancasila adalah Padi dan Kapas. Bukan Bebek Nungging

Gebi : Pendidikan itu penting karena tanpa pendidikan, gak ada tuh Kemendikbud. Yang ada hanya Kembud.

Ardit : Pendidikan itu penting karena di situ anak-anak mengembangkan minatnya. Tapi jangan dipaksa. Temen saya dipaksa les gitar padahal ia pengen sekolah bola. Akhirnya ia main gitar tapi di-juggling.

Fajar : Pendidikan itu penting karena itu hal yang utama. Makanya banyak banget Mahasiswa yang pengen dapat nilai A. Padahal B juga mantep, apalagi yang 36.

Kamal : Pendidikan sastra itu penting karena dengan sastra kita tahu mana puisi dan mana puasa.

Sadana : Pendidikan itu penting. Tapi sebagai orang tua jangan memaksakan kehendaknya terhadap anak. Jangan sampai anaknya ini seneng main gitar disuruh sekolah bola. Nanti main bolanya malah di-genjreng.

Sabiq : Pendidikan itu penting karena dengan pendidikan kita tahu bahwa education is important.

Indra : Pendidikan itu penting karena aku jadi tahu arti ilmiah dari pityrasis capitis. Ya itu artinya ketombe.

Irvan : Pendidikan itu penting karena inilah buktinya. Kalian gak mau kayak mereka kan (komika yang lainnya).

Advertisements