Empat Jam

Tidak terasa sudah 3 hari Ramadhan berlalu. Senang sekaligus capek dalam beraktifitas seharian. Aku bangun setiap jam 3 pagi. Biasanya dibangunin sama Nona U. Aku berterima kasih untuk itu. Sekitar jam 6 pagi aku sudah berangkat kerja karena harus masuk jam 7 pagi.

Sebelum duhur aku sudah bergegas pergi ke Masjid Sahid. Sholat berjamaah di sana dan mendengarkan ceramah ba’da dzuhur oleh ustadz. Jam 1 sudah mulai bekerja lagi sampai waktu Ashar tiba. Selepas itu, aku kembali bekerja hingga magrib lalu berbuka puasa. Dan, sekitar jam setengah 7 malam aku pergi lagi ke Sahid untuk sholat Isya dan Tarawih.

Jam setengah 9 aku pulang ke kosan. Jam 9 baru sampai di sana. Lalu aku baru bisa tidur jam 11 malam. Jadi aku hanya punya waktu tidur kurang lebih 4 jam saja. Karenanya, badan aku rasanya lemas kalau siang. Aku juga harus bisa menahan kantuk.

Rutinitas ini akan aku jalani untuk bulan Ramadhan. Untuk tahun ini seperti itu. Aku berharap Ramadhan tahun depan aku bisa cepat pulang ke rumah dan bisa berkumpul dengan keluargaku.

Mudah-mudahan Allah memberiku kekuatan agar aku bisa melalui Ramadhan dengan sempurna.

Amin.

