Berita Duka

Hari Senin kemarin, ayah dari teman kantorku meninggal dunia. Dan hari ini aku mendapatkan berita yang sama pula. Ketika hari Senin, yang meninggal adalah ayahnya Bang Zidan, sedangkan hari ini adalah ayahnya Petti yang meninggal. Aku berdoa semoga Allah mengampuni dosa keduanya dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah.

Di sepanjang perjalanan menuju rumah duka, aku teringat akan almarhum Bapak. Setiap makhluk pasti akan menemui ajalnya. Rasa kehilangan adalah hal terberat yang dirasakan oleh mereka yang ditinggalkan. Bahkan hingga hari ini pun, aku selalu mengingat Bapak. Sesekali aku merasa beliau masih ada di sekitarku.

innalillah

Kematian bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Baik itu bayi, remaja, dewasa atau pun orang tua. Yang paling penting adalah apakah seseorang sudah siap menemui ajalnya atau tidak. Bekal terbaik menuju kematian adalah taqwa.

Kita sebagai manusia dianjurkan untuk selalu ingat kematian. Jika kamu senantiasa mengingatnya, maka Insya Allah kita bisa mengontrol diri untuk tidak melakukan kemaksiatan. Jika ingat mati, kita harus ingat dosa. Jika manusia berdosa maka neraka adalah tempat baginya di alam akhirat kelak. Naudzubillahimin dzalik!

Advertisements