Satu Tahun

Tanggal 25 Januari 2017 adalah tepat satu tahun sejak meninggalnya Bapak. Tidak terasa, ternyata beliau sudah setahun meninggalkanku dan keluarga. Waktu begitu cepat berlalu. Hingga saat ini aku masih bisa mengingat hari-hari terakhir bersamanya. Walau sekarang beliau sudah wafat namun aku tetap merasakan kehadirannya. Terutama seminggu terakhir ini. Di beberapa malam, aku memimpikan beliau. Aku bertemu dengan Bapak di dalam mimpi. Aku hanya bisa melihatnya tetapi tidak bisa berbicara dengannya.

Acara pengajian satu tahun meninggalnya Bapak, baru diadakan pada hari Sabtu kemarin. Pengajian dihadiri keluarga dan para tetangga. Aku sendiri tidak bisa pulang karena minggu depannya aku harus pulang ke Bandung untuk mengadakan acara 4 bulanan istriku yang sedang mengandung. Biar hemat biaya, jadi tidak boros ongkos. Jika saja ada uang, tentu aku sangat ingin pulang ke rumahku, di Tasikmalaya.

Selepas sholat Magrib, aku mengaji Surat Yaasin dikhususkan untuk Bapak. Aku berharap saat ini Bapak berada dalam perlindungan Allah di Alam Barzah. Semoga Allah mengampuni segala dosa dan memberikan tempat terbaik bagi Bapak. Amin.

