Cisomang

Sabtu, 04FEB17

Hari ini aku dan istriku pulang ke Bandung dalam rangka acara 4 bulan kehamilan anak pertama kami. Kami berdua menaiki bus Primajasa dari Pool Primajasa Cililitan (dekat Gedung BKN dan Mall PGC). Sekitar pukul 9, bus berangkat.

Untuk sampai ke Bandung, biasanya bus masuk ke dalam tol yang berujung di Cileunyi. Namun sebab ruas tol yang berada di daerah Cisomang belum selesai diperbaiki mengakibatkan jalan tersebut hanya.boleh dilalui oleh kendaraan roda empat berukuran kecil. Sedangkan bus dan truk dilarang melewati jalan itu dan dialihkan ke jalan Sadang, Purwakarta dan baru bisa masuk tol lagi di Padalarang via jalur Cikalongwetan.

Jalan Cisomang diperbaiki karena pilar jembatannya bergeser. ‎Bergesernya pilar ke dua jembatan Cisomang Tol Purbaleunyi menyebabkan jalur tersebut hanya bisa dilalui kendaraan kecil atau Golongan I. Sementara untuk kendarann Golongn II sampai V dialihkan arus lalu lintasnya.

Berikut pengalihan arus lalu-lintas, untuk membatasi beban jembataan Cisomang :

  1. Kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung keluar di Gerbang Tol Sadang (KM 75+200) atau Gerbang Tol Jatiluhur (KM 84+600) dan dapat masuk kembali ke jalan tol melalui Gerbang Tol Padalarang (KM 121+400).
  2. Kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta keluar Gerbang Tol Padalarang (KM 121+400) atau Gerbang Tol Cikamuning (KM 116+700) dan masuk kembali ke jalan tol melalui Gerbang Tol Sadang (KM 75+200) atau Gerbang Tol Jatiluhur (KM 84+600).

jembatan-cisomang

Alhasil, perjalanan kami pun semakin lama karena bus mengambil rute memutar. Biasanya butuh waktu 4 jam sampai ke Cileunyi jika pakai bus, tetapi kali ini membutuhkan waktu 7 jam (sudah termasuk macet dan istirahat).

Aku harap jalan tol Cisomang bisa segera selesai diperbaiki, maksimal sebelum bulan puasa tiba di tahun ini. Pukul 4 sore, kami sampai di rumah. Rasanya pegal dan capek. Akhirnya kerinduan akan suasana Bandung pun terbayar. Alhamdulillah

Advertisements