Beda Bulu dan Rambut

Senin, 17APR17

Rekan-rekan kerja baru saja pulang dari makan siang ketika aku sedang fokus memandangi layar monitor komputer dan membaca berita/informasi tentang berbagai hal di dunia. Salah satu yang menarik perhatianku adalah tentang bulu dan rambut. Ada apa dengan keduanya?

Belakangan aku tahu, ternyata keduanya memang berbeda. Namun kebanyakan orang salah menyebutkan rambut sebagai bulu. Lalu apa sih bedanya?

Bulu adalah satu struktur kedap air yang menutupi permukaan tubuh burung dan unggas. Bagian terkecil dari bulu adalah barbules yang melekat pada barbs, cabang ke samping dari rachis, sumbu utama dari bulu. Sekumpulan barbs ini akan membentuk bulu-bulu halus yang disebut dengan vane. Calamus adalah tangkai pangkal dari bulu yang menghubungkan bulu dengan folikel kulit. Warna yang terdapat pada bulu berasal dari tiga pigmen utama yakni melanin (hitam, kelabu, coklat), prophyrin (variasi warna merah, coklat, hijau), dan karotenoid (merah pekat, oranye). Banyak ahli yang percaya bahwa bulu sebenarnya adalah perkembangan dari sisik reptil. Adaptasi untuk terbang dan pengaturan suhu tubuh dijadikan dasar teori yang memicu perkembangan bulu. Ada empat fungsi utama bulu yaitu untuk insulasi (mengatur suhu tubuh), aerodinamika, komunikasi, dan kamuflase. Bulu yang mengalami modifikasi dapat digunakan untuk berenang, memproduksi suara, mendengar (pada burung hantu), sensasi tactil (burung elang), dan penampilan saat breeding.
Berbeda dengan bulu, rambut adalah lapisan tebal dari rambut-rambut halus yang menutupi kulit dari mamalia termasuk manusia. Secara anatomis rambut tersusun dari akar rambut (root, bulb atau knob), batang rambut (shaft), dan ujung rambut (top). Umumnya baik manusia maupun hewan memiliki struktur bagian rambut yang sama yakni kutikula, korteks, dan medulla. Namun demikian ada beberapa hal yang membedakan antara rambut manusia dan hewan. Rambut hewan teraba lebih kasar dengan pigmen seragam yang terletak di tengah atau tepi. Sedangkan pada manusia rambut lebih lembut dan pigmen tersebar sepanjang batang rambut. Kutikula rambut hewan memiliki sisik yang besar, dengan medula yang lebar menyambung dan korteks yang tipis. Pada manusia kutikula lebih kecil, dengan medula sempit terputus atau menyambung, dan korteks yang tebal.

Sumber : Kompasiana
Advertisements