Network Problem

Kamis, 13APR17

Aku baru saja sampai di meja kerja ketika Bu Atty memanggilku ke ruangan. Aku simpan Gatsby hair gel dan sebuah sisir ke dalam laci. Sebelumnya aku pergi ke toilet kantor untuk membasuh muka dan memakai gel di rambut sekaligus merapikannya. Setelah semprot minyak wangi, aku menghampiri atasanku tersebut di ruangannya.

“Ini HP Ibu kenapa ya?”

Ia memperlihatkan HP miliknya dan mengatakan kalau ia tidak bisa menerima panggilan masuk telpon dari siapa pun. Padahal jika ia sedang berada di luar kantor, HP-nya berfungsi dengan baik. Ia juga telah menghubungi Call Center dari provider SIM Card-nya namun ia tidak menemukan bantuan apa-apa. Ia hanya disuruh untuk menunggu. Sedang dalam tahap investigasi, begitu penjelasan agen Call Center tersebut.

“Ya, Bu. Sini aku coba lihat dan cari tahu apa penyebabnya.”

Setelah utak-atik HP-nya, baca panduan dari internet seperti blog seputar gadget dan forum-forum teknologi, akhirnya masalahnya dapat ditemukan. Yaitu masalah dari jaringan telpon. Sebelumnya aku sudah coba restart HP. Tetap tidak bisa. Lalu mencoba mengubah mode ke Air Plane. Sama saja. Kemudian mematikan auto-reject dan do not disturb, hasilnya pun nihil. Terakhir aku coba hal ini, dan ternyata berhasil.

Jaringan telpon dari nomor Telk***el itu terkadang tidak stabil baik itu jaringan 3G/4G. Oleh karena itu, hal yang harus dilakukan adalah mengubah atau memindahkan setting Mode Jaringan. Secara umum untuk HP berbasis Android, kamu pilih SETTING -> WIRELESS & NETWORK -> MOBILE NETWORK -> NETWORK MODE -> PREFERRED NETWORK MODE. Lalu ubahlah ke antara GSM ONLY. WCDMA ONLY atau GSM/WCDMA AUTO.

Alhamdulillah, akhirnya HP Bu Atty bisa kembali berfungsi seperti sedia kala.

