Marhaban Yaa Ramadhan

Kamis, 04MAY17

Waktu terus bergulir. Bulan Sya’ban terus maju perlahan-lahan mendekati hari akhir. Begitu selesai bulan ini maka datanglah bulan suci Ramadhan. Aku mengucapkan tahmid dan takbir dan berharap usiaku masih ada untuk mencapai Ramadhan. Aku merasa begitu cepat roda waktu ini berputar. Ternyata sebentar lagi akan masuk bulan puasa.

Hampir semua orang menantikan datangnya bulan ini. Karena berkah Ramadhan tidak hanya dinantikan oleh umat Islam melainkan umat lainnya. Jika yang didambakan umat Islam adalah puasa dan ibadah Ramadhan maka bagi yang lainnya adalah larisnya berjualan di bulan Ramadhan. Seperti yang kita ketahui bahwa perputaran ekonomi masyarakat lebih maju, cepat dan pesat di bulan Ramadhan. Banyak para pedagang yang meraup untung besar.

Itu adalah salah satu berkah Ramadhan yang kita tahu. Masih banyak hal lainnya. Terutama dari sisi kerohanian dan jiwa hamba seorang Muslim kepada Tuhannya. Apakah ia mampu menggodok dan melatih dirinya selama bulan puasa supaya bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik setelah Ramadhan? Atau justru ia tetap tidak bisa menahan nafsu (makan, syahwat, harta) yang tidak terkendali? Mari temukan jawabannya bersama saat bulan suci itu tiba.

Bagiku, Ramadhan ini aku bersyukur karena sekarang aku sudah memiliki istri dan sebentar lagi akan menjadi seorang ayah. Siap atau tidak siap, aku harus menghadapinya. Semoga dengan berkah Ramadhan nanti bisa juga membuka rezeki yang baik bagiku.

Amin.

Advertisements