SAO

Sabtu, 06MAY17

Kirito belum juga bisa menerima kenyataan yang dihadapinya. Setelah ia berhasil mengakhiri game kematian di Aincard, ia pun bisa kembali ke dunia nyata. Namun masih ada 300 pemain yang belum sadarkan diri, termasuk Asuna. Kekasihnya tersebut masih belum sadar dan masih terbaring di rumah sakit. NerveGear-nya pun masih dipasang di kepalanya. Alat itu berfungsi sebagai jembatan antara dunia nyata dan game. Walau hampir putus asa, akhirnya Kirito bisa meyakinkan dirinya untuk mencari Asuna yang masih terperangkap di dalam dunia game. Berdasarkan informasi dari Egil, Kirito mengetahui bahwa Asuna masih hidup dan berada di Pohon Dunia. Untuk mencarinya, Kirito harus log-in lagi ke dalam dunia game. Kali ini ia harus masuk ke Alfheim Online, dunia para peri. Dimana seluruh pemainnya bisa terbang dan bertarung di angkasa.

Itulah cerita singkat tentang perjuangan Kirito dalam menyelesaikan misinya dalam game online. Jika kita hanya bisa bermain game MMO di komputer dan duduk seharian di depannya, maka game yang dimainkan Kirito ini berbeda. Pemainnya cukup berbaring dan memasang NerveGear untuk masuk ke dalam game. Ia tidak perlu melakukan klik mouse atau enter keyboard, tetapi seolah-olah ia bisa hidup di dalam game.

Namanya adalah Sword Art Online (SAO). Anime ini sudah lama rilisnya tetapi aku baru sempat menontonya sekarang. Hari ini aku sudah menyelesaikan Season 1 dari SAO. Anime ini menarik untuk ditonton dan dipelajari. NerveGear yang aku sebutkan di atas itu mirip seperti VR (Virtual Reality) yang bisa membuat seseorang berinteraksi dalam dunia game yang ia lihat. Mungkin suatu saat nanti game yang ada di anime SAO ini akan benar-benar hadir di dunia nyata. Karena seperti yang kita ketahui, banyak penemuan mengenai sebuah teknologi itu terinspirasi dari anime atau game lalu diimplementasikan oleh para peneliti, programmer, teknisi dan ahli komputer sehingga benar-benar ada dan mirip seperti dalam anime atau game tersebut. Anime itu sendiri lahir dari imajinasi para creator seperi penulis komik (mangaka) dan anime maker. Ide yang mereka dapat kemudian dituangkan ke dalam bentuk gambar, buku, komik, gambar dan film. Sungguh sebuah proses kreatif yang dapat kita contoh.

Lalu bagaimana dengan kamu? Hal keren apa yang sudah pernah kamu buat? Kita tidak boleh selamanya menjadi penonton atau penikmat karya orang lain, kan? Sudah saatnya kita-lah yang menjadi seorang creator yang mempunyai karya yang bermanfaat. Untuk mencapai hal itu, kita harus banyak belajar dan berlatih setiap hari.

Advertisements